Powered by Blogger.
Home » , » Cave Tubing Goa Pindul Jogja

Cave Tubing Goa Pindul Jogja


Melanjutkan postingan wisata di Selatan Kota Jogja tepatnya di Gunung Kidul, kali ini saya mau berbagi pengalaman Cave Tubing di Goa Pindul yang terdapat di Desa Bejiharjo Kab. Gunung Kidul tepatnya di sebelah selatan Kota Jogja.


Untuk HTM wisata cave tubing dikenakan biaya 30rb dengan fasilitas pemandu. pelampung bodyrafting, ban tubing, sepatu air, wedang jahe, transportasi dan asuransi. Saya ke wisata ini ditemani dengan Desi, Bowo dan Juwita.



*Lokasi Depan Loket*


Cave Tubing Goa Pindul merupakan goa horizontal-vertikal dengan aliran sungai bawah tanah memiliki panjang 350 meter, lebar 5 meter dengan kedalaman 5-12m Memiliki 3 zona yaitu zona terang, zona remang dan zona gelap, Adapun kedalaman  air berkisar 0,5-7 meter Debit air stabil baik musim hujan maupun kemarau sehingga wisata alam ini aman untuk semua kalangan.



*Mau masuk dalam Goa*



*Baru masuk dalam Goa*



*Zona Remang Goa*


Setelah mengganti pakaian, memakai pelampung serta mamakai sepatu air, kami kemudian berdoa terlebih dahulu dengan seorang pemandu wisata. Setelah itu kami mulai menjelajah masuk di zona terang didekat pintu masuk goa, banyak stalagnit diatas kami yang masih aktif. Kemudian masuk ke zona remang terdapat stalagtit terbesar ke 4 didunia, keunikan batu "Gong" yang menghasilkan bunyi seperti alat musik Gong gamelan ketika dipukul.Semua stalagnit di sini masih terus memanjang ke bawah, kalo kata pemandunya sih menambah 1mm /tahun. Jadi stalagnit di sini yang sudah besar2 usiannya sudah mencapai ribuan tahun katanya. Kemudan kami memasuki di zona gelap abadi dimana zona ini tidak terlihat cahaya sama sekali dan zona paling dalam yaitu 12m. Di zona ini terdapat batu tirai yang konon tetes airnya bisa membuat awet muda, Batu Perkasa yang membuat kaum lekaki tambah hebat :D ( itu kata pemandunya ya hehehe ). Goa ini juga merupakan area sarang burung walet, kelelawar, berbagai spesies ikan air tawar.



*Batu Perkasa*



*Batu Tirai (tetesannya bisa buat awet muda :D*



*Stalagnit terbesar*



*Narsis di zona terang*



*Lubang di tengah goa*



*Diujung Goa*




*main-main dulu sebentar sebelum pulang*


Setelah itu kami tiba di zona yang terdapat cahaya matahari dari lubang atas goa, dari sini sangat indah sekali untuk jeprat jepret narsis2an heheheee. Kemudian kami menuju ke pintu luar goa, perjalanan kami di dalam goa kurang lebih 1,5 jam. Setelah keluar dari goa kami dijemput dengan mobil jemputan khas Goa Pindul yaitu "PAJERO" (Panas N'Jobo N'Jero) wkwkwkwk...



*Naik "PAJERO" Panas N'jobo N'jero*


Setelah tiba di tempat basecamp kami lalu membilas pakaian, setelah itu kami disuguhi minuman hangat wedang jahe khas Goa Pindul :D lumayan buat menghangatkan tubuh.hehehee....


Ok, sekian dulu ya pengalaman saya menyusuri Goa Pindul Jogja. Ikuti terus postingan saya selajutnya di tempat wisata yang gak kalah seru...sampai jumpa.



Untuk informasi penginapan di Jogja, berikut daftar hotel murah yang saya rekomendasikan.

Semoga liburan kalian menyenangkan :D




 

1. Hotel Septia Jogja - Jalan Pringgokusuman No. 22A, Yogyakarta

2. Tasik Jogja Hotel - Jalan Bantul 47, Yogyakarta

3. Gloria Amanda Hotel - Jalan Sosrowijayan GT I No. 195, Yogyakarta

4. Chadea Hotel - Jalan Ring Road Utara, Pugeran, Maguwarjo, Depok, Sleman

5. Hotel Pangeran Emas - Jalan Sisingamangaraja No.95

0 comments:

Post a Comment