Powered by Blogger.
Home » , , » Jalan-Jalan ke Yogyakarta, Ada 8 Pantai Keren di Gunungkidul

Jalan-Jalan ke Yogyakarta, Ada 8 Pantai Keren di Gunungkidul

HeriKiswanto


Yogyakarta - Saat pulang kampung ke Yogyakarta, jangan cuma jalan-jalan ke Maliboro dan keraton saja. Kini, habiskan momen mudik bersama keluarga dengan menjelajah deretan pantai bersih dan tenang di Gunungkidul.


Kini, Gunungkidul menjadi naik daun karena memiliki deretan pantai yang memiliki panorama alam yang luar biasa. Mulai dari tebing, batuan karang sampai tempat peribadatan, berikut 8 pantai paling keren di Gunungkidul




1. Pantai Indrayanti

Jika Anda rindu suasana pantai ala Bali, saat pulang kampung ke Yogyakarta Anda harus mampir ke Pantai Indrayanti, Gunungkidul. Pengelola menyulap pantai ini dengan sentuhan suasana moderen. Lembaran pasir pantai dipenuhi wisatawan yang berteduh di bawah payung yang berwarna-warni.


Banyak cara untuk menghabiskan waktu liburan ke pantai ini. Ada aneka permainan air yang bisa jadi alternatif dan mengacu adrenalin saat Anda berlibur ke sana. Anda juga bisa makan bersama keluarga di restoran yang menyediakan beragam kuliner laut yang super lezat.


 

 





2. Pantai Kukup

Berada di di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 25 km ke arah selatan dari Wonosari. Pantai Kukup juga menjadi istana para wisatawan yang ingin melepas penat di pinggiran pantai yang serba biru. Pantai Kukup terletak di antara Pantai Baron dan Pantai Sepanjang.


Ada pulau karang yang dihubungkan dengan jembatan, dari atas sana Anda bisa melihat  eloknya hamparan pantai disertai deburan ombak yang cukup besar. Disebut-sebut pantai ini menjadi saingan berat Tanah Lot karena suasananya mirip. Pantai ini juga mempunyai jejeran cottage jika Anda dan keluarga ingin menginap di sana.

 

 

 






3. Pantai Sundak

Konon, pantai ini memiliki cerita legenda perkelahian antara anjing yang dalam bahasa Jawa adalah asu dan landak. Kemudian dipadukan menjadi Sundak. Belakangan ini, pantai ini naik daun kerana banyak wisatawan yang lupa diri jika berlibur ke sana.


Pantai ini memiliki tebing cantik yang sekilas mirip dengan hewan iguana jika dilihat dari kejauhan. Terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus. Pantai ini masih berderet dengan pantai Kukup, Krakal, Sepanjang dan Pantai Baron. Hamparan bibir pantai diwarnai karang-karang mungil dengan biota laut nan menggemaskan.

 

 

 






4. Pantai Ngetun

Pantai Ngetun berada di Dusun Sureng, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus. Jalan menuju pantai ini cukup terjal dan suasana pedesaan terasa melekat. Eksotisme pantai ini belum begitu diketahui banyak traveler. Di sekitar pantai terlihat tebing cantik yang menjorok ke perairan.


Kaki Anda akan menapaki pasir pantai berwarna cokelat muda yang masih lembut. Jika beruntung Anda bisa melihat kehidupan masyarakat sekitar yang berprofesi sebagai nelayan. Mereka menjaring aneka ragam hasil laut seperti lobster dan ikan laut.

 

 

 






5. Pantai Wediombo

Dari Kota Yogyakarta, pantai ini bisa ditempuh dengan jarak sekitar 3 jam. Pantai ini juga menyuguhkan pesona pantai yang tak kalah memukau. Apalagi jika Anda dan keluarga memiliki hobi memancing. Ayo datang saja ke Pantai Wediombo di Desa Jepitu, Girisubo, Gunungkidul saat libur Idul Fitri nanti.


Arti nama Wediombo berarti pasir lebar. Namun sebaliknya, pasir yang terlihat di pantai ini nyaris tak ada. Pantai ini dipenuhi dengan karang-karang yang tajam. Uniknya, Anda akan mendapat spot memancing yang berbeda yakni duduk di atas tebing karang. Asyik!

 

 

 





6. Pantai Ngobaran

Pantai yang terletak di Desa Kanigoro, Saptosari ini memiliki 4 tempat peribadatan agama yang berbeda di lingkungan pantai. Jika air laut surut, Anda bisa melihat tumbuhan rumput laut hijau dan coklat yang masih bertebaran di perairan laut.


Ternyata, Pantai Ngobaran menjadi saksi sejarah Brawijaya V, salah satu keturunan raja Majapahit. Ia mendirikan tempat peribadatan dengan arsitektur kejawen. Jika perut Anda terasa lapar, coba saja makan landak laut digoreng pedas yang dijual oleh penduduk setempat di sekitar pantai.

 

 

 




7. Pantai Krakal


Pantai ini sangat terkenal memiliki ombak yang ganas. Panorama laut yang dimiliki sama seperti pantai-pantai lain yang ada di Gunung Kidul. Tepat di sebelah Pantai Sundak yag tak jauh dari Wonosari, Gunung Kidul.


Saat menuju pantai ini, Anda akan ditemani bukit kapur yang diselingi batuan karang. Kini, banyak para surfer yang melirik dan ingin menaklukkan ganasnya ombak. Pantai ini juga sudah mulai dilirik wisatawan mancanegara dan mulai dikembangkan menjadi perkampungan wisatawan.

 

 

 





8. Pantai Baron

Pantai Baron merupakan deretan pantai pertama yang ditemukan di Gunungkidul yang memiliki panorama yang menggoda beberapa tahun lalu.Keindahan Pantai Baron tak hanya dihiasi dengan perairan air laut yang asin. Di sana terdapat juga sungai air tawar bawah tanah dan juga menjadi idola traveler yang bermuara langsung ke Samudera Indonesia .


Pantai ini selalu dijadikan tempat untuk upacara adat kejawen masyarakat setempat saat momen-momen tertentu. Anda juga mencicpi kuliner khas Pantai Baron yakni Sop Kakap yang enak dan dijamin murah meriah.








4 comments:

  1. Gan,,ko cuma daftar pantainya aja sih..posisi dah jalur ke sananya jg d sebutin dong...

    ReplyDelete
  2. @Rachmat dwijaya: Untuk rutenya saya kurang hapal gan, waktu saya ke pantai tersebut bisa menggunakan sewa mobil dari kota jogja ke Gn.Kidul dengan harga kisaran 400rb (24jam). Semoga infonya dapat membantu gan Rachmat :D

    ReplyDelete
  3. Jalan-Jalan ke Yogyakarta, Ada 8 Pantai Keren di Gunungkidul | HeriKiswanto.com
    2013 Michael Kors New Arrivals http://www.instyler.biz/

    ReplyDelete
  4. Jalan-Jalan ke Yogyakarta, Ada 8 Pantai Keren di Gunungkidul | HeriKiswanto.com
    sac longchamp pliage pas cher http://saclongchamp.navtone.net/

    ReplyDelete