Powered by Blogger.
Home » , » Liburan ke Jogja 2013

Liburan ke Jogja 2013


 

Di postingan kali ini saya mau berbagi pengalaman jalan-jalan di kota Jogja kota penuh wisata. Kebetulan kan lagi ada long weekend di bulan Maret 2013, nah saya ambil kesempatan tuh ada 5 hari buat liburan. Pembelian tiket kereta api sudah saya rencanakan jauh2 hari karena takut keabisan nanti, maklum naik KA Ekonomi Progo yang harga tiketnya Rp35.000.  Bayangkan uang segitu dari jakarta bisa sampe jogja. Waktu itu saya beli tiket langsung ke loket Stasiun Pasar Senin, antrinya bukan maen kalo menjelang mau liburan, hahaha.... tapi gak apa2 demi menyerbu tiket murah :D.



*Tiket KA Progo JKT-Jogja*


Akhirnya dapet tiket KA Progo untuk pemberangkatan tgl 7 Maret 2013 jam 20.35 WIB dari St.Pasar Senen - St. Lempuyangan, saya berangkat besama Desi (pacar saya) serta 2 orang teman saya Bowo dan Juwita.  Untuk menghindari kemacetan berangkat ke St. Pasar Senen kami pun menaiki Trans Jakarta sekitar jam 7 malam, sesampainya di St. Pasar Senen saya mampir di rumah makan Kapau disekitar stasiun. Lumayan masih ada waktu 30 menit buat isi perut.


Waktu sudah menunjukan pukul 20.20 WIB, kami pun bergegas untuk masuk untuk menunggu KA Progo yang datang. Jreng...Jreng...Jreng...akhirnya kereta datang, karena ini pengalaman pertama saya naik Kereta Api.



*Suasana di dalam KA Progo*



*Berhenti sejenak di stasiun Cirebon*


Kereta yang kami naiki lumayan cukup bersih dan nyaman, tidak seperti apa yang saya bayangkan sebelumnya denger cerita teman katanya nanti kalo naik KA ekonomi bisa2 berdiri lah, tempatnya kotor lah, tetapi itu sekarang tidak benar. Jadi semua penumpang sekarang dapet tempat duduk masing2 dan jangan takut berdiri lagi.


Dari Jakarta menuju Jogja memakan waktu kurang lebih 9 jam perjalan. Kami tiba di St.lempuyagan pukul 07.00 pagi, di depan stasiun banyak sekali transportasi umum seperti becak, ojek dan taxi untuk menuju ke hotel kami menginap. Setelah tawar menawar kami pun akhirnya menaiki ojek dengan harga Rp15.000 /org.  Hotel yang kami tuju yaitu Hotel Puspita di Jalan Mayjend Sutoyo No.64 Yogyakarta dekat dengan Alun Alun Kidul Kraton Jogja. Dalam perjalanan menuju hotel saya pun sempat berbincang2 dengan tukang ojek mengenai tempat2 wisata yang menarik di Jogja, lumayan buat nambah referensi (hihihihih...). Setelah sampai di hotel Puspita kami pun langsung istirahat sejenak, tak lupa jeprat-jepret sebentar :D.




*Hotel Puspita tampak dari depan*


Setelah istirahat kami pun menyantap sarapan bubur ayam di depan hotel dan berkeliling area kota gede menggunakan becak dengan tarif Rp20.000 diajak muter2 sampai siang :D.



*Sarapan Buryam depan Hotel Puspita*



*Bekeliling Kota Gede*


Tak lupa kami juga mampir ke Tamansari tiket masuknya Rp3.000 /orang.


Tamansari merupakan pesanggrahan Sultan Jogja beserta keluarganya yang berfungsi sebagai tempat beristirahat dan bersemedi. Tamansari terletak sekitar 0.5 km dari Kraton Jogja . Tamansari ini dibangun pada masa Sultan Hamengku Buwono I yaitu sekitar abad 7 M. Tamansari terdiri dari kolam pemandian, kanal air, ruang-ruang khusus dan juga lorong-lorong bawah tanah. Bangunan tamansari ini selain berfungsi sebagai tempat peristirahatan, juga berfungsi sebagai tempat pertahanan dan perlindungan bagi keluarga Sultan apabila ada serangan musuh.




Penduduk disekitar komplek Tamansari ini banyak yang menjadi pengrajin batik dan lukisan yang menjadikan Tamansari lebih menarik untuk dikunjungi.



*Area depan Tamansari*



*Area kolam pemandian Raja-raja Tamansari*




Setelah menelusuri serta jeprat jepret di Tamansari kemudian dilanjutkan ke Museum Benteng Vredeburg harga tiket masuknya Rp2.000 /orang.


Museum Benteng Vredeburg adalah sebuah benteng yang dibangun tahun 1765 oleh VOC di Yogyakarta selama masa kolonial VOC. Benteng ini digunakan sebagai pusat pemerintahan dan pertahanan Gubernur Belanda kala itu. Benteng ini dikelilingi oleh sebuah parit yang masih bisa terlihat sampai sekarang. Benteng berbentuk persegi ini mempunyai menara pantau di keempat sudutnya. Di masa lalu, tentara VOC dan juga Belanda sering berpatroli mengelilingi dindingnya.



*Area depan Benteng Vredeburg*


Becak yang kami tumpangi juga melewati jalan malioboro, walupun siang hari di sini juga cukup ramai.


*Suasana Jl.Malioboro pada siang hari*


Sekian lama kami diantar keliling kota gede, akhirnya rasa lelah pun tiba kemudian kami kembali ke hotel untuk beristirahat.


Ok,,,cerita jalan-jalannya bersambung dulu ya, untuk cerita selanjutnya bisa dilihat dipostingan berikutnya yang gak kalah seru.


 

Untuk informasi penginapan di Jogja, berikut daftar hotel murah yang saya rekomendasikan.

Semoga liburan kalian menyenangkan :D




 

1. Hotel Septia Jogja - Jalan Pringgokusuman No. 22A, Yogyakarta

2. Tasik Jogja Hotel - Jalan Bantul 47, Yogyakarta

3. Gloria Amanda Hotel - Jalan Sosrowijayan GT I No. 195, Yogyakarta

4. Chadea Hotel - Jalan Ring Road Utara, Pugeran, Maguwarjo, Depok, Sleman

5. Hotel Pangeran Emas - Jalan Sisingamangaraja No.95

0 comments:

Post a Comment